1. Dampak sosial yang diberikan kepada masyarakat
Kunci yang pertama yang diberikan CEO gojek tentang kesuksesan ialah dampak sosia yang dihasilkan dari pekerjaan kita. Komitmen inilah yang mendorong gojek selalu mengedepankan kemitraan yang erat antara perusahaa, pegawai dan pelanggan. Hal itu terbukti, tidak butuh waktu lama gojek berhasil memberikan dampak sosial bagi masyarakat, baik itu membuka lapangan pekerjaan baru buat driver, maupun memberikan kemudahan bertransportasi bagi penumpang.

2. Berfikir diluar lingkaran normal
Satu lagi rahasia kesuksesan gojek ialah membudayakan karyawan dan semua pegawai gjek unuk berfikir di luar kotak normal dan memutarbalikan filosofis umum. Contohnya menurut Nadiem, Jika rang beranggapan kalau perusahaan semakin besar maka semakin sulit diatur itu salah. Sebab dengan berfikiran demikian berarti dia merasa bodoh hingga tidak bisa mengatur dirinya sendiri, sebab dirinya sendiri merupakan bagian dari perusahaan.

3. Berani mengambil keputusan dan membuat kesalahan
Nadiem Makarim sangat mendorong tinggi kepada karyawannya tentang pentingnya gagasan baru, inovasi dan ide-ide cemerlang yang mendorong kemajuan perusahaan, dan cara yang tepat untuk mendapatkan ide dan inovasi ialah dengan berani engambil keputusan dan tidak takut membuat kesalahan. Budaya yang dibangun Nadiem Makarim ialah agar setiap pegawainya diberikan kesempatan yang sama. Orang tidak akan disalahkan keika berani mengambil kepusan. Orang justru akan disalahkan jika tidak mengambil keputusan, resiko dan tidak berani melakukan kesalahan.

4. Menghapuskan ego
Tidak kalah unik, di perusahaan gojek sangat mendorong semua pegawainya untuk menghapuskan egonya. Dengan prinsip zero ego di gojek eorang pegawai dengan jabatan terendah bisa dan dipersilahkan menkritiki pegawai dengan jabatan tertinggi, tentu dengan syarat kritikannya membangun.

5. Terobsesi kepada pelanggan dalam menggunakan jasa bisnisnya
Menurut Nadiem, untuk rahasia sukses gojek yang satu ini ia dapatkan dari Perusahaan Amazon. Untuk mengetahui bagaimana pengalaman pelanggan merasakan bisnis kita, ya kita harus berada di posisi pelanggan dulu. Nadiem meambahkan dalam sehari dirinya bisa menggunakan jasa gojek sampai enam kali. Hal itu semata-mata untuk mengapliasikan prinsip bisnisnya yang satu ini.

6. Evaluasi karyawan dilakukan sesuai dengan prinsip perusahaan, bukan target
Kalau di perusahaan lain penilaian pegawai dilihat dari pencapaian target, namu ha itu tidak berlaku di gojek. Gojek justeru menilai kinerja pegawainya dari sisi perilakunya, perilaku yang dimaksud disini ialah kesesuaian antara perilaku kerja pegawai dengan nilai-nilai perusahaan gojek yaitu be fearless, customer obsession, zero ego, data driven, inspire others.

7. Dalam bekerja dan memutuskan sesuatu harus berdasarkan data
Rahasia sukses gojek yang terakhir ialah melakukan sesuatu harus dengan data. Jadidi gojek keputusan, rencana maupun langkah yang diambil harus melalui data-data dulu, Ini yang sangat penting dalam setiap pengambilan keputusan gojek, dan menurut Nadiem hal ini yang sering diabaikan oleh perusahaan startup yang sedang berkembang. Padahal perumusan data atau data driven merupakan satu prosedur dalam mengambil keputusan perusahaan.

Itulahtuju rahasia kesuksesan gojek yang dibocorkan oleh sang faunding Nadiem Makarim, Semoga dengan dituliskannya artikel ini bisa memotivasi kia menjadi Nadiem selanjunya yang siap memberikan dampak sosial positif dan menjadikannya bisnis yang inovatif.
0 komentar:
Posting Komentar